Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Yoast SEO

Share:
Cara Membuat Sitemap WordPress Dengan Yoast SEO

Cara membuat Sitemap di WordPress cukup mudah untuk dilakukan, karena pengguna WordPress dimudahkan dengan adanya plugin, salah satunya plugin Yoast SEO. Sitemap itu sendiri adalah peta situs yang berisi list konten artikel. Artikel yang dimaksud adalah seperti list posting, kategori, tag, dan halaman. Sitemap dibuat untuk memudahkan mesin pencari dalam mengindex seluruh konten WordPress.  

Apa keuntungan sitemap pada sebuah website?

Jika Anda membuat website/blog dan ingin terindex sama mesin pencari, maka Anda harus membuat sitemap. Karena agar blog menjadi lebih SEO Friendly salah satunya perlu dibuat Sitemap. Sitemap untuk keperluan mengoptimalkan WordPress dalam hal SEO, berbeda dengan Sitemap layaknya halaman Daftar Isi. Berikut ini beberapa keuntungan sitemap pada sebuah website:
  1. Memungkinkan halaman pada website mudah ditemukan oleh search engine dan dapat terindex lebih cepat.
  2. Sitemap dapat memberitahu search engine mengenai perubahan pada struktur dari website.
  3. Memudahkan search engine melakukan pengindexan pada website yang memiliki banyak halaman dan tidak terstruktur atau tidak memiliki internal link.
 

Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Yoast SEO

Plugin Yoast SEO adalah salah satu plugin yang cukup populer yang berguna untuk meningkatkan SEO pada website WordPress. Plugin ini menangani hal teknis yang berhubungan dengan konten dan membantu Anda dalam hal memasang keyword, tag h1 dan h2, kemudahan artikel untuk dibaca dan masih banyak lagi. Selain itu, plugin ini dapat membantu Anda membuat sitemap XML. Seperti yang sudah saya terangkan diatas, bahwa dalam hal membuat Sitemap XML di WordPress kita cukup menggunakan plugin saja. Banyak plugin untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan bagi Anda yang menggunakan plugin Yoast SEO tidak perlu menginstall plugin lain lagi. Karena didalam plugin Yoast SEO sudah tersedia fitur untuk membuat Sitemap XML.   Oke, saya anggap Anda sudah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Jika ya, silakan pilih menu SEO > Features dan aktifkan bagian Advanced settings pages.

Cara Membuat Sitemap Di Wordpress

Fitur ini akan mengaktifkan sitemap XML untuk website WordPress Anda dan menu XML Sitemaps akan muncul di bawah menu SEO. Pada bagian ini Anda dapat mengatur setingan seperti Max entries per sitemap.

Sitemap XML Aktif

 Dengan cara tersebut, Anda sudah berhasil membuat sitemap XML dengan menggunakan plugin. Anda dapat membuka URL sitemap pada link Your XML Sitemap.

Cara Membuat Sitemap Wordpress Dengan Yoast SEO

Jika sudah selesai dilakukan sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa klik Update options. Silakan dicoba Sitemap XML yang sudah dibuat dengan URL http://nama-domain/sitemap.xml. Langkah terakhir, masukkan Sitemap XML ke Google Webmaster Tools > Crawl > Sitemaps > Add/Test Sitemap. Jika semua pengaturannya sudah benar, maka Sitemap XML di Webmaster statusnya akan terindex.

Tidak ada komentar